Senin, 29 Oktober 2012

Pedoman Perawatan Peralatan

Perawatan adalah mencegah terjadinya kerusakan dan memperpanjang umur dan fungsi alat agar dapat digunakan lebih lama sehingga mengurangi cost atau biaya yang harus dikeluarkan oleh manajemen hotel. Dengan memperhatikan pemeliharaan dan perawatan yang teliti pada perlengkapan mesin maupun peralatan manual akan memudahkan semua pekerjaan serta dapat menghemat biaya yang harus dikeluarkan dan itu merupakan tanggung jawab setiap petugas/orang yang menggunakannya di bawah pengawasan Housekeeping Department. Pedoman perawatan peralatan secara umum adalah sebagai berikut:
  1. Semua peralatan harus dalam keadaan bersih dan kering.
  2. Periksa setiap akan menggunakan maupun setelah menggunakan peralatan.
  3. Gunakan peralatan sesuai dengan fungsinya.
  4. Sebelum dan sesudah digunakan semua peralatan harus bebas dari debu dan bersih.
  5. Kosongkan, keringkan, dan kembalikan kantong sampah pada alat yang akan disimpan.
  6. Gulung kabel dengan baik, pada saat selesai menggunakan alat, jangan sampai ada kabel yang terkelupas (terbuka).
  7. Pada saat selesai menggunakan mesin, bantalan (pad) mesin pengkilap lantai harus dilepas dari mesin, cuci   dan bilas sampai bersih, dan keringkan lalu simpan pada gudang yang tersedia.
  8. Semua selang, pipa maupun assesories pada vacuum cleaner harus dilepas dari mesin, dan disimpan dalam keadaan bersih dan kering.
  9. Periksa isi kantong debu pada dry vacuum cleaner, jika sudah penuh segera buang dan bersihkan secara rutin.
  10. Jangan pernah meninggalkan peralatan dan mesin bila tidak digunakan, semua alat dan mesin harus dalam keadaan mati dan simpan ditempatnya.Jangan menyimpan alat menyandar pada dinding, atau pintu.
  11. Laporkan pada supervisor jika ada kerusakan, biarpun kerusakan itu kecil. Hal ini untuk mencegah kerusakan yang lebih besar.
  12. Semua jenis barang yang ada di gudang harus kembali dalam keadaan bersih dan kering, dan jangan lupa menyimpan alat pada tempat semula.


Perbaikan
a. Setiap jenis alat yang rusak memerlukan perbaikan, bagian housekeeping akan segera menindaklanjuti setelah mendapat laporan kerusakan.Apabila alat untuk sementara tidak dapat digunakan dan perlu mendapatkan pemeliharaan, maka harus dicari penyebab kerusakannya.

b. Sebagai contoh mesin penghisap debu dipakai untuk mengisap air? Ini adalah satu contoh kerusakan yang diakibatkan oleh kesalahan manusia /salah dalam penggunaan mesin (human error).

c. Identifikasilah kemungkinan kerusakan disebabkan oleh apa? Selanjutnya, perbaiki dengan cara yang mudah mengatasinya.

d. Agar dikemudian hari tidak terjadi seperti kasus ini, maka setiap pegawai harus mendapatkan pelatihan terlebih dahulu sebelum melakukan pekerjaan.

e. Jika kerusakan disebabkan oleh pengguna mesin tidak dapat diatasi atau diperbaiki sendiri, maka sebaiknya dilaporkan saja ke house- keeping, lalu housekeeping akan menindaklanjutinya.


Keamanan

a. Harus selalu diingat untuk selalu mengikuti petunjuk penggunaan alat yang dimiliki, spesifikasi berbeda, maka petunjuk penggunaannya juga akan berbeda, dan gunakanlah sesuai dengan desain yang dibuat oleh pabrik.

b. Ketika bekerja di area umum pastikan kabel di posisi yang aman bagi staf lain dan tamu agar tidak terjadi kecelakaan

c. Jangan pernah menggunakan alat yang kulit kabelnya terkelupas.

d. Jangan meletakkan peralatan di area umum, jika anda istirahat,letakkan alat pada area yang tersembunyi.

e. Jangan mencabut kabel dalam keadaan tangan basah

f.  Hati-hati jika bekerja di dalam area yang basah

g. Pada saat anda bekerja di daerah umum, buatlah tanda peringatan (wet coution), agar tidak mencelakakan orang lain maupun diri anda sendiri.

h. Matikan mesin jika terjadi kepulan asap atau percikan api pada alat tersebut.

i. Penggunaan bahan pembersih dan penempatanya harus benar dan tepat, untuk menghindari kecelakaan atau kerusakan mesin.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Ada kesalahan di dalam gadget ini